Saling Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Cara Membuat Watermark pada Microsoft Word 2007

Saling Berbagi - Kali ini kita akan bahas masih seputar Microsoft Word, yaitu "Cara Membuat Watermark pada Microsoft Word 2007". Tapi sebelumnya kita bahas dulu "apa itu watermark ?"
Tampilan Watermark pada Microsoft Word 2007
Tanda air (bahasa Inggris: watermark) adalah gambar atau pola yang muncul di kertas dan tampak seperti bayangan serta hanya dapat dilihat dengan pencahayaan tertentu. Misalnya dengan pantulan cahaya lampu. Tanda air biasa digunakan pada uang kertas, perangko, serta dokumen-dokumen penting lainnya untuk menghindari pemalsuan. Terdapat dua cara untuk membuat tanda air, yaitu proses dandy roll dan proses cetak silinder.

Dari segi keterlihatannya, terdapat banyak variasi tanda air. Ada yang terlihat jelas ketika dilihat langsung, ada pula yang memerlukan teknik khusus untuk melihat tanda airnya dengan jelas. Misalnya ada tanda air yang bisa terlihat jika kertasnya dibasahi dengan air atau cairan tertentu. Tanda air biasa digunakan sebagai pengaman untuk uang kertas, paspor, perangko, ijasah, dan berbagai dokumen lain agar tidak mudah dipalsukan.

Sumber : Wikipedia.org

Berikut "Cara Membuat Watermark pada Microsoft Word 2007" :
  • Siapkan dokumen.doc yang akan diberikan watermark
  • Klik ribon "Page Layout"
  • Pilih ikon gambar kertas dengan bayangan huruf A (watermark)
  • Pilih model watermark (horizontal, vertikal, miring)
  • Pilih custom untuk membuat tulisan sesuai keinginan anda (misalnya : Saling Berbagi)
  • Selesai

Lihat gambar buat penampakannya.

Watermark dalam file.doc bakalan bisa diganti jika tidak di convert jadi file.pdf. Untuk menjadikan file.doc ke file.pdf ikuti langkah ini dengan judul "Cara Simpan atau Convert Word ke PDF"

Selamat mencoba.
Labels: Hardware dan Software, Tutorial

Thanks for reading Cara Membuat Watermark pada Microsoft Word 2007. Please share...!

0 Comment for "Cara Membuat Watermark pada Microsoft Word 2007"

Back To Top